Perjalanan ke Hatyai Deepsky Observation for scince and Astronomy

KABAR LTPS - admin | 1/03/2018 | 94 kali dibaca

1

Observatorium yang berada di Hatyai, Thailand adalah observatorium yang pertama kali dikunjungi saat berada di Thailand. Observatorium ini berada di atas Bukit Hatyai Park dan terbuka untuk umum. Perjalanan ke Observatorium cukup menempuh waktu 10-15 menit menaiki mobil yang telah disediakan dengan membayar 20 bath per orang. Sebelumnya, observatorium ini mengadakan acara pengamatan Gerhana Bulan Total yang dapat diamati oleh masyarakat umum.

Untuk memasuki observatorium cukup membayar tiket sebesar 20 Bath perorang. Saat pertama kali memasuki observatorium, mata akan langsung tertuju dengan tempat penjualan souvenir Astronomy.

Tempat Penjualan berbagai macam barang bernuansa Astronomy.

Tempat Penjualan berbagai macam barang bernuansa Astronomy.

Setelah memperoleh tiket, petugas akan menjelaskan mengenai ruangan-ruangan yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Terdapat tiga ruangan di observatorium ini, ruangan yang pertama adalah ruang Sky It. Ruangan ini adalah tempat pengunjung menonton film mengenai Astronomi. Film yang disuguhkan kali ini adalah mengenai Matahari, yaitu mengenai peristiwa-peristiwa yang ada di Matahari, dampak-dampak yang terjadi akibat flare dan lain sebagainya.

Ruang Sky It

Ruang Sky It

uangan yang kedua adalah Astronomy Room. Tempat ini menampilkan poster-poster mengenai planet-planet yang ada di Tata Surya dan juga rasi-rasi bintang. Sayangnya, di Astronomy Room ini hanya menampilkan informasi mengenai sistem Tata Surya dan rasi-rasi bintang tersebut dalam bahasa Thailand, sehingga pengunjung yang tidak mengerti bahasa Thailand menjadi kesulitan untuk memahami arti dari informasi yang tertera tersebut.

Astronomy Room

Astronomy Room

ter mengenai Rasi Bintang Pisces dengan tulisan bahasa Thailand.

ter mengenai Rasi Bintang Pisces dengan tulisan bahasa Thailand.

Ruangan terakhir adalah Doom Room. Ruangan ini berada di bagian paling atas dari Observatorium. Dibagian atap Doom dapat terbuka dan tertutup. Ruangan ini memiliki 15 Teleskop dengan ukuran yang besar dan 7 teleskop dengan ukuran yang lebih kecil.

Atap Doom yang bisa terbuka dan tertutup

Atap Doom yang bisa terbuka dan tertutup

teleskop dengan ukuran yang besar.

teleskop dengan ukuran yang besar.

15 teleskop yang digunakan untuk pengamatan merupakan teleskop reflektor. Pada siang hari teleskop ini bisa digunakan untuk mengamati Matahari menggunakan Filter Matahari. Sayangnya, cuaca pada hari itu sedang berawan sehingga Matahari tidak dapat terlihat jelas. Meskipun tidak dapat melihat Matahari, anda tetap bisa menikmati indahnya Kota Hatyai dari ketinggian.

Jika anda mengunjungi kota Hatyai, jangan lewatkan untuk berkunjung di Hatyai Park terutama di Hatyai Deepsky Observation for scince and Astronomy . Dengan biaya yang terjangkau, selain mendaptkan ilmu baru anda dapat menikmati indahnya kota Hatyai.

ngamatan Matahari menggunakan salah satu teleskop Orion.

ngamatan Matahari menggunakan salah satu teleskop Orion.

Diarsip dalam: Berita |

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman