Pesawat antariksa cassini dijatuhkan di saturnus

KABAR PASTRON - admin | 19/09/2017 | 299 kali dibaca

Cassini-Huygens spacecraft, c 2000.

Misi untuk menjatuhkan pesawat antariksa cassini di planet saturnus sudah berakhir pada tanggal 15 September 2017.

Di saat-saat terakhir sebelum tabrakan dengan planet saturnus, Cassini akan memberikan  sebanyak mungkin data yang berupa gambar dan akan dikirimkan kembali ke Bumi. Data yang telah dikumpulkan dapat membantu para  ilmuwan untuk lebih memahami atmosfer Saturnus dan interiornya. Data terakhir diterima oleh pengamat di Bumi setelah 83 menit Cassini gagal mengirimkan sinyal karena mendapatkan gangguan yang hebat dari interaksi dengan atmosfer.

Wahana antariksa Cassini diluncurkan pada 15 Oktobe 1997.  Pelucuran ini  dilakukan dengan kerjasama antara NASA, European Space Agency dan Badan Antariksa Italia. Program ini melibatkan tidak kurang dari 5000 orang. Cassini telah berhasil memperoleh ribuan gambar yang menakjubkan dan memberikan banyak penemuan baru mengenai planet Saturnus dan satelit-satelitnya. Cassini juga mampu menampilkan kutub utara Saturnus.

Penemuan-penemuan tersebut dibagikan ke masyarakat melalui publikasi ilmiah tidak kurang dari 3948 judul artikel ilmiah. Sebuah capaian yang tinggi karena data-data yang terkumpul berjumlah 635 Giga Byte. Misi berbiaya setidaknya 3,9 miliar US Dollar ini memberikan banyak informasi dan inspirasi bagi eksplorasi ruang angkasa.

Sumber tambahan : saturn.jpl.nasa.gov/mission/grand-finale/cassini-quick-facts/

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman