Persiapan Streaming Observasi oleh TIGER UAD Menyambut Gerhana Matahari

KABAR LTPS - admin | 1/03/2016 | 631 kali dibaca

Picture1 streamingPada Kamis, tanggal 18 febuari 2015 , TIGER (Tim Gerhana Matahari) melakukan workshop dan rapat mengenai perkembangan observasi Gerhana Matahari di Mesjid Islamic Center UAD. TIGER sudah melakukan workshop selama empat kali setiap minggunya. Workshop kali ini, TIGER kedatangan Pak Mutoha. Kedatangan beliau kali ini untuk mematangkan persiapan TIGER Yogyakarta seperti penggunakan teleskop Celestron Go To System. Teleskop ini juga akan digunakan untuk streaming observasi Gerhana Matahari Sebagian. Sedangkan streaming observasi Gerhana Matahari Total akan dilakukan oleh TIGER Ternate dengan menggunakan teleskop William Optic dengan Gemini 2 Go To System dilengkapi dengan CCD.
Perkembangan pelatihan kali ini, tidak lagi mengalami kesulitan dalam hal tracking Matahari. Untuk men-tracking Matahari cukup memasukkan kode RA dan DEC sehingga pada saat Gerhana Matahari kita bisa men-tracking Matahari. RA dan DEC didapatkan dengan cara melihat data simulasi di stellarium. Streaming di Ternate didukung oleh Kominfo dan Telkom. Sedangkan streaming untuk di Yogyakarta, UAD sudah menyiapkan server sehingga sudah bisa dipakai.

TIGER Yogyakarta juga akan mengadakan observasi untuk umum, sholat Gerhana dan streaming dari lokasi GMT. TIGER Yogyakarta bekerjasama dengan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Masyarakat diharapkan dapat berkumpul untuk menikmati Gerhana Matahari bersama dan beribadah mensyukuri nikmat-Nya. Pengumuman melalui dunia maya telah dilakukan dan disusul oleh penyebaran poster dan pemasangan spanduk disejumlah titik di Daerah Istimewa Yogyakarta Puncak Gerhana di Yogyakarta akan berlangsung pukul 07:23:32 WIB menurut perhitungan NASA.

Diarsip dalam: Berita, Observasi | Tags: ,

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman