Pastron Siap Sambut Gerhana Matahari 2016

KABAR LTPS - admin | 20/04/2015 | 669 kali dibaca

Lokakarya Nasional, Lapan

Lokakarya Nasional, Lapan

Pada tahun 2016 yang akan datang, tepatnya pada tanggal 9 Maret 2016, Indonesia akan mengalami peristiwa alam yang amat langka, gerhana matahari total. “Gerhana matahari total menampangkan dirinya pagi hari di wilayah Indonesia pukul 07.15 WIB”, papar mantan Direktur Observatorium Bosscha Bambang Hidayat. Hampir di semua wilayah Indonesia dapat menikmati peristiwa ini. Daerah yang dilintasi gerhana matahari total itu terentang dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan berakhir di Maluku Utara, selebihnya hanya gerhana matahari sebagian.

Untuk menyambut peristiwa ini, lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengadakan lokakarya nasional di ruang Auditorium Lapan, Bandung, Selasa, 14 April 2015. Lokakarya ini bertujuan untuk mendiskusikan permasalahan terkait pengamatan dan riset gerhama matahari total 2016. Dalam kegiatan ini juga dibahas tentang edukasi bagi masyarakat terkait fenomena alam ini. Ada juga usulan untuk menjadikan peristiwa alam ini sebagai obyek wisata. Sejumlah daerah tercatat siap menyambutnya.

Pastron, sebagai salah satu peserta lokakarya pun tak kalah siapnya. Bersama The Tiger-nya (Tim Gerhana) pusat astronomi ahmad dahlan ini telah berencana akan mengadakan pengamatan dan riset di wilayah Ternate, Maluku Utara. Adapula wacana untuk menyiarkan peristiwa ini secara live streaming melalui jejaring sosial Youtube. Tak hanya sampai disitu, untuk mengedukasi masyarakat, pastron juga akan membuat film dokumenter tentang gerhana matahari total ini. Dengan film ini diharapkan bisa lebih mendekatkan astronomi ke masyarakat, sehingga kejayaan astronomi zaman nenek moyang dahulu bisa kembali tegak berdiri.

Diarsip dalam: Berita, Edukasi |

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman