Partisipasi di Workshop M-Science

KABAR LTPS - admin | 18/02/2014 | 384 kali dibaca

Kepala Pusat Studi Astronomi, Yudhiakto Pramudya menghadiri workshop m-science and science dissemination for the disabled di ICTP (International Centre for Theoretical Physics), Italia. Workshop diadakan pada tanggal 6-7 Februari 2014. Pada Workshop m-science peserta mempresentasikan penelitian tentang penggunaan piranti mobile untuk menunjang proses pengajaran dan penelitian. Diantaranya, optimasi sensor mobil dan HP yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya penentuan perilaku mengemudi seorang sopir yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan asuransi.

Pada workshop hari kedua, Pramudya mempresentasikan penelitian tentang pendidikan astronomi untuk tuna netra. Penelitian tersebut dibantu oleh 2 mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Fisika UAD, Yesi Farida dan Fitri Nur Hikmah. Ternyata, kegiatan diseminasi sains khususnya astronomi telah mulai dilakukan oleh teman-teman peneliti dari Portugal, Amerika Serikat, Perancis, Argentina dan negara-negara lainnya.

Pada workshop tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk melihat dari dekat printer 3D yang berguna untuk pengajaran sains pada tuna netra. Selain itu, peserta mencoba membuat applikasi tanpa harus belajar coding, yaitu dengan menggunakan software gratis MITappinventor. Demo Arduino juga diberikan sebagai alat untuk menunjang penelitian dan pengajaran. Yang menariknya lagi, peserta workshop mendapatkan kesempatan mencoba berbagai alat peraga pendidikan sains di Scientifico Imaginario, yaitu Pusat Peragaan IPTEK.

 

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman