Okultasi Zeta Tauri

14 Maret 2019, Indonesia khususnya Yogyakarta mendapat kesempatan untuk menyaksikan terjadinya okultasi bintang Zeta Tauri oleh Bulan. Okultasi Bintang oleh Bulan merupakan kejadian langka dan kerap kali terjadi pada saat siang hari. Akibatnya kita tidak dapat menyaksikan okultasi.

Okultasi merupakan fenomena tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar. Sehingga mengakibatkan benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi di belakang benda lainnya. Okultasi terjadi secara umum pada semua benda langit. Okultasi dapat terjadi jika tertutupnya planet ( Venus, Mars, Yupiter dan lain-lainya),  bintang ( Antares, Rigel, dan lain-lainya), dan asteroid oleh Bulan.

Okultasi bintang Zeta Tauri oleh bulan pada saat illumination bulan +51% dan magnitude Zeta Tauri sebesar 3,0. Hilangnya Zeta Tauri ketika altitude Bulan 37° dan azimut 304° pada pukul 13:50:5 UT (Universal Time). Dan kemunculan kembali Zeta Tauri ketika altitude Bulan 21° dan azimut 296° pada pukul 15:04:05 UT . Untuk WIB, koreksi waktunya UT +7, WITA=UT+8 dan WIT=UT+9 (http://www.lunar-occultations.com/iota/bstar/0314zc847.htm).

Observatorium UAD bersama dengan Kelompok Studi Andromeda melakukan pengamatan dan pengambilan data saat okultasi bintang Zeta Tauri. Sangat disayangkan ketika terjadinya okultasi Bulan tertupi oleh awan.

Observatorium UAD melakukan pengamatan Okultasi Zeta Tauri oleh Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *